Cara Bikin Bootable Windows 7 dengan Falsdisk




Wah udah lama ga posting nih,,tp boleh juga lah iseng2 sambil ngisi waktu luang siang hari. Pekerjaan baru ini bikin seneng juga bikin BT, tp hrs semangat to.
Masih soal IT, tentang bagaimana mmebuat bootable Windows dengan flasdisk. Saya pikir sudah ribuan artikel ttg hal ini, tp ga ada salahnya dicatat di blog ini selain utk sharing juga untuk arsip saya suatu ahri nanti kalau lupa.
Berikut caranya :
Pertama yang mesti dilakukan adalah menyiapkan flasdisk (FD) minimal 4gb, merk bebas apa saja asal masih bagus. Dan Master Installer Windows 7 dari CD, tapi jangan yang bentuk ISO. Setelah itu kita akan menseting FD itu dengan Dos Promt atau yang dikenal dengan Command Prompt, caranya dengan ketikan "cmd" pada RUN.
Kedua adalah bermain perintah dengan Dos Prompt tersebut dengan sebelumnya colokin dulu FD yang sudah kita persiapkan tadi.
  1. ketikan DISKPART lalu enter  
  2. ketikan LIST DISK lalu enter, >> maka akan muncul pilihan disk 0 dan disk 1, perhatikan baik2 ukurannya, disk 0 biasanya adalah HDD laptop ato PC kita, sementara disk 1 adalah FD kita, jangan sampai salah pilih.
  3. ketikan SELECT DISK 1 lalu enter, >> berarti kamu memilih disk 1 yang berarti adalah FD kamu, kalau tampilan di situ yang FD kamu adalah disk 0 maka pilihlah yang itu.
  4. ketikan CLEAN lalu enter 
  5. ketikan CREATE PARTITION PRIMARY lalu enter
  6. ketikan SELECT PARTITION 1
  7. ketikan ACTIVE lalu enter
  8. ketikan FORMAT FS=NTFS lalu enter, >> disini memakan waktu ckup lama, harap tunggu sampai format selesai,disarankan untuk di back up dl data penting dr FD tsb.
  9. setelah format selesai ketikan ASSIGN lalu enter
  10. ketikan EXIT
Tahap Ketiga adalah kamu bisa mengcipy semua file dari CD Windows 7 yang sudah kamu siapka, ke FD, copy pastesnya seperti biasa saja menggunakan WE. Setelah semua di copy, selesai sudah bikin bootable dengan flasdisk, jadi kamu ga perlu repot2 bawa CD Windows utk instal ulang PC, apalagi utk laptop yang tidak ada CD room nya sperti notebook2 yang kecil2 itu.
Perlu dicatat juga,hal ini hanya bisa dikerjakan dengan OS Windows 7 dan Vista, tidak bisa dengan Windows XP, kalo dengan XP caranya beda lagi.



   

0 komentar:

Posting Komentar